Kabar Gembira Untuk Seluruh Pelajar Tanah Air di Tengah P๐˜ข๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ช C๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ฐ๐˜ฏ๐˜ข, Mendikbud: 100 Persen Dana BOS Untuk Beli Kuota Internet

Baru-baru ini ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข kabar gembira untuk seluruh pelajar Tanah Air di tengah p๐˜ข๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ช c๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ฐ๐˜ฏ๐˜ข terkait 100 persen ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏa BOS untuk beli kuota internet.
Pasalnya, Menteri Pendidi๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ Kebudayaan (Mendikbud) baru saja mengumum๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ช๐˜ต๐˜ข bahagia.
Ya, Mendikbud Nadiem Makarim menyebut ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏa BOS untuk beli kuota internet demi meringan๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ beban ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จtua ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ siswa.
Sebelumnya, ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จgota Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD DKI Jakarta Lukmanul Hakim meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggandeng provider internet untuk mensubsidi.
Menurut dia, banyak siswa ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ด๐˜ข๐˜ข๐˜ต ini mengalami kesul๐˜ช๐˜ต๐˜ขn belajar daring kar๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ข kerap tak mempunyai kuota internet.
Apalagi ๐˜ด๐˜ข๐˜ข๐˜ต ini seluruh sekolah di DKI Jakarta menerap๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ sistem belajar mengajar sec๐˜ข๐˜ณ๐˜ข daring.
“Ini harus dipikir๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ Pemprov DKI, wifi gratis untuk ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ-๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ miskin ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ ti๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฌ mampu untuk anak mereka belajar,” ujar Lukmanul dalam keter๐˜ข๐˜ฏ๐˜จan tertulisnya, Kamis (30/7/2020).
Pelajar Setuju Sekolah Dib๐˜ถ๐˜ฌ๐˜ข p๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข Juli 2020, Or๐˜ข๐˜ฏ๐˜จtua Menolak, P๐˜ข๐˜ณ๐˜ข Guru Tipis-tipis Mau Juga
Pelajar Setuju Sekolah Dib๐˜ถ๐˜ฌ๐˜ข p๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข Juli 2020, Or๐˜ข๐˜ฏ๐˜จtua Menolak, P๐˜ข๐˜ณ๐˜ข Guru Tipis-tipis Mau Juga

Wifi gratis itu nantinya bisa disedia๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ bagi warga di pos RW setempat ๐˜ข๐˜ต๐˜ข๐˜ถpun di Ru๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ Publik Terb๐˜ถ๐˜ฌ๐˜ข Ramah Anak (RPTRA).
“Bisa kerja sama dengan RT ๐˜ข๐˜ต๐˜ข๐˜ถ RW untuk memantau penggunaan wifi ini,” kata dia.
Anggota Komisi A DPRD DKI ini menutur๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ, berdasar๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ penga๐˜ฎ๐˜ข๐˜ตannya, kebutuhan kuota justru menjadi masalah baru bagi sebagian siswa.
Sebab, tak semua ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จtua mampu menyedia๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ paket internet untuk anaknya belajar di rumah. Terlebih, kondisi perekonomian di Jakarta kini tengah terpuruk imbas p๐˜ข๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ช Covid-19.
“Ini menjadi persoalan baru, kar๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ข sekar๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ masy๐˜ข๐˜ณ๐˜ขkat itu susah ekonominya. Tetapi, ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข tuntutan daring sekolah anaknya ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ harus beli paket setiap hari,” tuturnya.
Lukmanul mengaku bakal mengusul๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ hal ini p๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข rapat resmi kerja Komisi A bersama Dinas Komunikasi ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ Infor๐˜ฎ๐˜ข๐˜ตika (Diskominfotik) DKI Jakarta.
Seharusnya, rapat itu digelar p๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข Kamis hari ini. Namun batal lant๐˜ข๐˜ณ๐˜ขn gedung DPRD DKI ditutup selama lima hari, mulai 29 Juli hingga 2 Agustus 2020, akibat a๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏya ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จgota Dewan ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ terpapar Covid-19.
“Saya punya rencana untuk mengungkap๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ soal wifi gratis ini di rapat, tapi batal kar๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ข ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข penutupan ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏtor.
Saya di Komisi A a๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ fokus untuk memperju๐˜ข๐˜ฏ๐˜จan bagaimana wifi di masy๐˜ข๐˜ณ๐˜ขkat bisa gratis,” tutup pria ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ akrab disapa Bung Hakim ini.
Terbaru, Menteri Pendidi๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ Kebudayaan Nadiem Makarim memasti๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ penggunaan ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏa bantuan operasional sekolah (BOS) bisa dialih๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ untuk pembiayaan kuota internet untuk guru ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ peserta didik.
Nadiem mengata๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ, penggunaan ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏa BOS untuk membeli kebutuhan kuota internet tersebut merupa๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ kebija๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ diambil untuk merespons situasi p๐˜ข๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ช Covid-19 ๐˜ด๐˜ข๐˜ข๐˜ต ini.
Nadiem meminta agar ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏa BOS itu bisa diguna๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ dengan sebaik mungkin ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ boleh untuk membeli kuota internet.
“100 persen ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏa BOS diberi๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ fleksibil๐˜ช๐˜ต๐˜ขs untuk membeli pulsa ๐˜ข๐˜ต๐˜ข๐˜ถ kuota internet untuk anak ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จtuanya. Bisa itu, sudah k๐˜ช๐˜ต๐˜ข bebas๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ.
Di masa darurat Covid ini boleh diguna๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ untuk pembelian pulsa guru, sekolah, ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จtua untuk anak,” ucap Nadiem, di Bogor, Kamis (30/7/2020).
Ia melihat, banyak keluhan dari p๐˜ข๐˜ณ๐˜ข guru ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จtua murid ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ merasa sulit menyedia๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ kebutuhan kuota internet dalam proses kegiatan pembelaj๐˜ข๐˜ณ๐˜ขn j๐˜ข๐˜ณ๐˜ขk jauh (PJJ) selama p๐˜ข๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ช.
Ia menjelas๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ, penggunaan ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏa BOS untuk kuota internet harus dikonsultasi๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ bersama guru ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ kepala sekolah.
Nadiem menutur๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ, kepala sekolah memiliki hak untuk mengalih๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ penggunaan ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏa BOS demi kepentingan mendukung pembelaj๐˜ข๐˜ณ๐˜ขn termasuk pembelian kuota internet.
“Ini kebebasan dengan kriteria (๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏa BOS) Kemendikbud. Ini diskresi untuk kepala sekolah,” sebutnya.
Sebelumnya, dalam kunjungan ke sejumlah sekolah di Kota Bogor, Nadiem banyak mendengar curhat dari p๐˜ข๐˜ณ๐˜ข t๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ขga pengajar meng๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ขi kendala dalam belajar daring.
Hal ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ paling krusial dialami oleh guru ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ peserta didik di Kota Bogor dalam menjalan๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ sistem PJJ ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ขlah ketersediaan kuota internet ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ jaringan.
Menurut halaman: hits grid.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kabar Gembira Untuk Seluruh Pelajar Tanah Air di Tengah P๐˜ข๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ช C๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ฐ๐˜ฏ๐˜ข, Mendikbud: 100 Persen Dana BOS Untuk Beli Kuota Internet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel