Plesetkan Nama Latuconsina Berujung Dilaporkan ke Polisi, Andre Taulany Tulis Kata-kata Bijak

Seorang pria bernama Ruswan Latuconsina melaporkan presenter Andre Taulany dan Rina Nose ke Polda Metro Jaya, Senin (18/5/2020).

Plesetkan Nama Latuconsina Berujung Dilaporkan ke Polisi, Andre Taulany Tulis Kata-kata Bijak

Hal itu karena diduga keduanya telah menghina marga Latuconsina.


Dalam sebuah tayangan program NET TV, Minggu (17/5/2020) Andre Taulany dan Rina Nose memplesetkan nama Prilly Latuconsina.

Ruswan Latuconsina mengatakan, seluruh pemilik marga Latuconsina merasa dilukai dengan candaan Andre Taulany dan Rina Nose.

Bahkan sampai saat ini, Ruswan mengaku tak bisa membukakan pintu maafnya kepada dua komedian itu.

“Oh tidak segampang itu (permintaan maaf), kami merasa dilukai dan Latuconsina itu adalah marga yang besar dihormati di Maluku,” kata Ruswan dikutip TribunJakarta.com dari Kompas.com, pada Selasa (20/5/2020).

“Kita ikuti tahapanlah, kita kembalikan pada seluruh keluarga besar Latuconsina karena sampai saat ini tidak ada pintu maaf sebenarnya,” sambungnya.

Berdasarkan pantauan TribunJakarta.com, melalui akun Instagramnya, Andre Taulany sempat mengunggah sebuah gambar bertuliskan kata-kata bijak.

Gambar yang diposting 2 jam lalu ini telah mendapat lebih dari 15 ribu likes.

"Allah takkan melupakan kebaikan yang kau beri. Kesusahan orang lain yang kau atasi, dan mata yang hampir saja menangis lalu kau buat bahagia.

Hidup lah di atas prinsip, 'jadilah orang baik, meskipun kau tak diperlakukan baik oleh orang lain',"

Begitu kata-kata yang bersumber dari @tausiyahku_ yang kemudian diunggah di akun Instagram Andre Taulany yang sudah terverifikasi.







Ia juga menuliskan komentar menggunakan emoji tersenyum.


Meski begitu, Prilly Latuconsina mengatakan pada Minggu (17/5/2020), Andre Taulany dan Sule sempat menghampirinya di belakang panggung dan menyampaikan sebuah pesan.

Namun mulanya Prilly Latuconsina menegaskan sangat mengerti bahwa Andre Taulany dan Rina Nose hanya bercanda.

"Tau sih, kalau aku sendiri, aku sangat mengerti kalau itu memang sebuah candaan dan aku tahu banget, kak Rina Nose dan pak Andre itu memang tidak punya niat sama sekali untuk meledek apalagi mereka juga enggak tahu kalau Latuconsina itu adalah nama keluarga " kata Prilly Latuconsina saat dihubungi awak media, Senin (18/5/2020).

"Ya yang jelas, aku tahu itu hanya candaan dan pak Andre dan kak Rina itu enggak punya niat apapun pasti dan itu hanya candaan aja," lanjutnya.

Prilly pun menjelaskan bahwa Latuconsina adalah marga keluarga.

Selayaknya nama marga keluarga tentu memiliki kesakralan masing-masing, oleh karena itu ada beberapa orang yang menggunakan marga Latuconsina tak terima dan mengecam perbuatan Andre serta Rina.

"Cuma memang Latuconsina itu nama keluarga dan nama keluarga itu kan sakral, marga itu sakral dianggapnya jadi mungkin ada yang tersinggung," ujar Prilly.

"Dan sebenernya Latuconsina itu bukan satu-satunya marga, ada marga Latu lain jadi mungkin marga Latu lain tersinggung juga," katanya.



Prilly LatuconsinaPrilly Latuconsina (https://www.instagram.com/prillylatuconsina96/)

Prilly Latuconsina menjelaskan sudah mendengar penjelasan dari Andre Taulany dan Rina Nose soal dugaan pelecehan marga Latuconsina.


"Udah ketemu karena kebetulan aku diundang. Emang pas ada kejadian itu, aku kebetulan jadi bintang tamunya," kata Prilly Latuconsina.

"Sebelum kejadian justru aku jadi bintang tamu pas udah sampe sana, orang NET nya ngomong ternyata ada kejadian ini. Wah ternyata, 'oh iya ya' gitu. Yaudah akhirnya minta maaf," bebernya.

Pemeran film Danur itu mengerti bahwa tak ada niat melecehkan marga Latuconsina yang ada pada dirinya.

"Iya pak Andre sama kang Sule udah minta maaf dan bilang itu enggak sengaja. Aku juga yang kayak 'yaiyalah enggak papa, aku juga tahu itu enggak ada maksud apa-apa' gitu," jelas Prilly.

Menanggapi adanya respon dari pemilik marga Latuconsina lainnya, Prilly pun memilih untuk memaafkan di suasana ramadhan seperti saat ini.

Apalagi ia sudah tahu maksud dari ucapan Andre dan Rina bukanlah untuk melecehkan marga Latuconsina.

"Kalau menurut aku ini kan lagi Ramadhan, baiknya kita saling memaafkan gitu. Ya yang paling terpenting dalam sebuah tindakan itu kan niatnya kalau memang tindakan ini enggak ada niat apapun untuk menyinggung, apalagi melecehkan marga yang memang, pure tidak sengaja dan becanda, menurut aku sih enggak usah panjang," jelas Prilly.

"Yaudahlah lagi Ramadhan, kita kan juga lagi fokus bagaimana menghadapi pandemik, jadi lebih baik kita yaudah saling memaafkan aja sih menurut aku," lanjutnya.

Rina Nose minta maaf
Dihubungi Kompas.com Rina Nose mengaku siap dipanggil pihak kepolisian terkait laporan Ruswan Latuconsina.

Perempuan berusia 36 tahun itu paham betul bagaimana kekecewaan pemilik marga Latuconsina.

Dipolisikan Diduga Hina Marga Latuconsina, Andre Taulany Sempat Berpesan ke Prilly di Balik LayarRina Nose dan Andre Taulany (Kompas.com)

“Seperti yang sudah saya bilang, kami sangat memahami kekecewaan itu. Jadi silahkan melapor dan kami siap memenuhi panggilan,” tulis Rina Nose via pesan singkat, Senin (18/5/2020).

Rina Nose mengaku awalnya kaget dengan mencuatnya candaan tersebut hingga berujung pelaporan.

Ia menjelaskan tak mengetahui sama sekali soal nama Latuconsina merupakan nama marga Maluku.

“Iya saya juga kaget pas tahu ada teguran soal ini, di luar dugaan dan pengetahuan saya. Karena saya sama sekali enggak tahu kalau Latuconsina itu nama marga,” tulis Rina Nose lagi.

“Karena satu-satunya nama Latuconsina yang saya tahu itu ya cuma Prilly Latuconsina,” sambungnya.

Rina Nose pun sebelumnya telah menyampaikan permintaan maaf kepada Prilly Latuconsina secara langsung.

Wanita yang baru saja menikah itu menyebut bahwa Prilly Latuconsina telah menerima permintaan maafnya dan meneruskan permintaan maafnya itu kepada pihak keluarga Prilly Latuconsina.

“Saya secara pribadi pun sudah minta maaf langsung sama Prilly dan keluarganya, dan responsnya luar biasa bijaksana. Mereka sangat paham dengan ini, saya berterima kasih dan sangat menghargainya,” tulisnya lagi.

“Bahkan permintaan maaf saya juga sudah diteruskan oleh keluarga Prilly ke pihak-pihak yang merasa tersinggung. Untuk itu saya ucapkan terima kasih banyak kepada Prilly dan keluarga,” lanjut Rina.

Sebagai seorang komedian, Rina Nose memang mengakui bahwa dia sebisa mungkin menghindari candaan dengan unsur menghina.

Dia menjelaskan bahwa dalam candaannya dengan Andre Taulany, Rina Nose mengaku tak bermaksud menghina.

“Selama ini saya sendiri termasuk orang yang sangat concern menolak apabila dalam sebuah komedi terdapat unsur menghina, merendahkan seseorang, apalagi menyangkut suatu daerah atau suku yang lebih luas,” tulis Rina Nose.

Rina Nose mengatakan, di kalangan artis sudah biasa bercanda mempelesetkan nama.

“Apalagi kalau tahu itu adalah sebuah nama sebuah marga atau suku, jelas saya tidak mungkin melakukannya. Kalau di kalangan rekan artis dan komedian memang sudah sangat biasa mempelesetkan nama-nama artis, termasuk nama saya sendiri dan nama bapak saya sendiri, misalnya, tentu sebagai candaan,” sambung Rina Nose.

Meski demikian, dengan adanya permasalahan ini, Rina Nose menyampaikan permintaan maaf kepada pihak yang tersinggung dengan candaannya.

Rina Nose pun akan membuat video permintaan maaf kepada seluruh pemilik marga Latuconsina.

“Dan kepada seluruh masyarakat yang bersangkutan, khusunya masyarakat Ambon/Maluku, pemilik nama marga tersebut, saya, kami sangat menyesal dan mohon maaf yang sebesar-besarnya atas kejadian ini. Saya sangat mengerti dan memahami kekecewaan itu,” tutur Rina Nose.


Sumber : tribunews.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Plesetkan Nama Latuconsina Berujung Dilaporkan ke Polisi, Andre Taulany Tulis Kata-kata Bijak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel